Olimpiade SMA 2017 | fls2n.com

Olimpiade SMA 2017

Info FLS2N
Direktorat Pembinaan SMA terus berupaya menggali serta memberi ruang bagi Peserta Didik untuk mengembangkan Bakat dan Prestasi yang berkesinambungan di berbagai bidang dari tingkat Nasional hingga Internasional.

Berilmu! Berkarya! Berprestasi!


Dengan motto "Berilmu! Berkarya! Berprestasi!", Direktorat Pembinaan SMA Kemdikbud mengajak para peserta didik terutama siswa/siswi SMA untuk selalu giat belajar, rajin menuntut ilmu untuk bisa dengan mudah menghasilkan karya-karya yang inovatif sehingga bisa menunjukkan prestasi prima serta gemilang.

Untuk mempermudah penyebaran informasi Olimpiade tersebut, baru-baru ini Direktorat Pembinaan SMA Kemdikbud telah melaunching website resmi dan aplikasi mobile untuk kegiatan Olimpiade SMA baik untuk tingkat Nasional maupun Internasional.

Ada 12 jenis olimpiade yang diselenggarakan, yaitu :

1. OPSI 

OPSI (Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia)

Kegiatan ini diselenggarakan sejak tahun 2008, sebagai wadah bagi para peserta didik SMA/ MA untuk mengembangkan bakat, minat, dan kemampuan dalam meneliti dan berinovasi, serta menumbuhkembangkan budaya meneliti di kalangan siswa SMA/MA sekaligus menjadi ajang seleksi karya penelitian unggul untuk diikutsertakan dalam berbagai ajang lomba penelitian tingkat dunia.

2. FLS2N

FLS2N (Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional)

Kegiatan ini diselenggarakan sejak tahun 2004 dengan nama Jambore Seni Siswa Nasional, sebagai wadah bagi para peserta didik untuk mengembangkan bakat, minat, dan kemampuan dalam bidang seni.

Mulai tahun 2008 kegiatan ini berubah nama menjadi Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional atau yang lebih dikenal dengan sebutan FLS2N.
Kegiatan ini juga dilaksanakan di tingkat TK, SLB, SD, SMP, SMA, dan SMK sederajat.

3. OSN

OSN (Olimpiade Sains Nasional)

Tujuan pelaksanaan OSN adalah untuk memfasilitasi dan memotivasi siswa yang mempunyai bakat di bidang sains, sehingga para siswa dapat meningkatkan kemampuan mereka sesuai dengan bidang ilmu yang diminatinya dan menjaring siswa calon peserta Olimpiade Sains Tingkat Internasional. Kegiatan ini juga sekaligus dapat membentuk sikap/karakter siswa yang jujur, disiplin, sportif, kreatif, serta menjalin persahabatan dan berbagi pengalaman (sharing) antar sesama siswa sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan.

4. FIKSI

FIKSI (Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia)

Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia pertama kali diselenggarakan pada tahun 2016.

FIKSI lahir dari suatu pemikiran mendalam mengenai konsep ekonomi kreatif dengan tujuan menumbuhkan semangat dan jiwa kewirausahaan para peserta didik SMA/MA.

5. O2SN 

O2SN (Olimpiade Olahraga Siswa Nasional)

Tujuan dilaksanakan Olimpiade Olahraga SIswa Nasional (O2SN) ini yaitu memfasilitasi dan memotivasi para siswa yang mempunyai bakat di cabang olahraga, sehingga para siswa dapat meningkatkan skill dan kemampuan mereka sesuai dengan bidang yang dimiliki. Kegiatan ini sekaligus dalam upaya pembentukan sikap, mental, sportivitras, kejujuran dan rasa solidaritas yang tinggi antar sesame siswa yang pada gilirannya akan dapat meningkatkan mutu pendidikan.

6. LDBI / NSDC

LDBI (Lomba Debat Bahasa Indonesia) /
NSDC (National Schools Debating Championship)

Globalisasi mengharuskan generasi muda untuk bersaing dalam berkomunikasi secara universal, namun kemampuan analitis dan berpikir kritis menjadi sebuah kemampuan yang juga tidak dapat dikesampingkan lagi.

7. ARKI

ARKI (Akademi Remaja Kreatif Indonesia)

8. WSDC

WSDC (World Schools Debating Championship)

9. IBO

IBO (International Biology Olimpiad United Kingdom)

10. KKP

KKP (Kawah Kepemimpinan Pelajar)

11. SYC

SYC (Sunburs Youth Camp)

12. SISLAC

SISLAC (Singapore - Indonesia Students Leader Adventure Camp)

Aplikasi Olimpiade PSMA ini tidak hanya bisa dibuka melalui komputer saja karena Direktorat Pembinaan SMA juga telah menyediakan aplikasi tersebut di Google Play Store dan App Store yang lebih memudahkan siswa dan guru untuk menggunakannya.

Konten yang disediakan juga lengkap mulai dari Buku Panduan masing-masing cabang Olimpiade, pendaftaran peserta dan juga tersedianya contoh SOAL OLIMPIADE SAINS mulai dari Tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi, dan Nasional yang juga bisa didownload langsung di bawah ini:

Soal Olimpiade Sains Nasional 2008 s/d 2016


Untuk lebih jelasnya mengenai olimpiade festival dan lomba yang diselenggarakan oleh PSMA Kemdikbud, silahkan kunjungi sumber link berikut:

Olimpiade PSMA


Sumber: © psma.kemdikbud.go.id

Olimpiade SMA 2017