Points of Interest Kupang | fls2n.com

Points of Interest Kupang

Wisata FLS2N

Tempat Wisata di Kupang


Selamat malam teman-teman,
Semoga kesehatan selalu menyertai kita sekalian. Amin.

Kali ini admin fls2n.id akan sedikit mereview beberapa tempat menarik di Kupang, Nusa Tenggara Timur selaku tuan rumah FLS2N 2017. Tujuan dari penulisan ini adalah sebagai informasi tambahan dari pelaksanaan FLS2N 2017 bagi peserta maupun official yang (barangkali) berminat untuk mengunjungi tempat wisata menarik yang terdapat di Kupang, Nusa tenggara Timur.

Sebagai informasi, sejak tahun 2007 Pemerintah Indonesia menetapkan provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menjadi daerah unggulan baru pariwisata di kawasan timur Indonesia. Penetapan itu bertujuan menjadikan NTT sebagai gerbang Asia-Pasifik berbasis pariwisata, seni, dan budaya yang spesifik. Sebagai wujud dari penetapan tersebut, maka hampir setiap bulannya di Nusa Tenggara Timur dilaksanakan kegiatan event pariwisata, seni dan budaya di kabupaten/kota yang telah ditentukan.

Baiklah, sekarang kita kembali menuju inti pembahasan yaitu tempat menarik apa saja yang terdapat di wilayah Kupang, Nusa Tenggara Timur?

1. Pantai Lasiana (Lasiana Beach)

Pantai Lasiana merupakan pantai favorit di Kupang, Nusa Tenggara Timur yang berlokasi di Jalan Timor Raya, Kelurahan Lasiana, Kecamatan Kelapa Lima atau sekitar 12 Km arah Timur Kota Kupang. Kawasan yang dikelola oleh Pemkot Kupang ini akan menyuguhkan panorama matahari terbenam yang menawan.

Kawasan wisata ini sudah dikenal oleh wisatawan mancanegara sejak tahun 70-an. Selain wisatawan lokal, banyak turis asing yang berasal dari Jermas, Australia, Inggris dan Amerika Serikat yang berkunjung. Hampir setiap hari pengunjung memadati sepanjang garis pantai yang melengkung sepanjang kira-kira 1 kilometer.

Selain berenang, pengunjung juga dapat berjemur dan berselancar karena kondisi ombak yang cukup memungkinkan. Menariknya, dari pantai ini, orang bisa menyaksikan pemandangan matahari terbit sekaligus matahari terbenam. Jadi, indahnya matahari terbit dan terbenam bisa dinikmati sekaligus. Ayo berkunjung ke Pantai Lasiana.

2. Gua Monyet Sasando

Gua monyet ini difungsikan sebagai obyek wisata dengan dibuatnya taman kota dan arena bermain anak-anak di dalam lokasi obyek ini. Di sekitar obyek dipenuhi pepohonan rindang sehingga memberikan suasana sejuk dan dingin. Di dalam lokasi gua monyet juga terdapat lubang yang dibuat oleh Jepang pada jaman perang dahulu kala.

Lubang berbentuk gua ini diberi nama Gua Jepang Panarbibi dengan tinggi ± 2,5 meter, lebar ± 4 meter. Terletak di sebelah barat gua dengan jarak ± 50 meter, panjang atau kedalaman gua mencapai ± 20 meter.

Anda dapat berkunjung ke tempat ini setiap harinya mulai pukul 07.00 - 18.00 Wita dengan biaya masuk Rp. 1.000 untuk setiap pengunjungnya. Terdapat beberapa fasilitas untuk pengunjung seperti lopo dan taman bermain. Lokasi Gua Monyet Sasando terletak di pusat kota Kupang, dan untuk menjangkau tempat ini dapat dengan menggunakan jasa Taxi, Angkutan Kota atau Ojek.

3. Gua Monyet Tenau

Gua ini berada di dekat pantai dan disekitar pelabuhan laut. Diobjek ini banyak terdapat monyet-monyet yang hidup berkelompok. Binatang-binatang ini hidup dialam goa yang berada dalam taman ini. Objek wisata ini juga dijadikan sebagai taman hiburan bagi masyarakat sekitarnya karena dilengkapi dengan Lopo sebagai tempat untuk berteduh.

Pada hari sabtu dan minggu serta hari libur lainnya, tempat ini banyak dikunjungi oleh masyarakat kota kupang khususnya muda-mudi untuk menikmati keindahannya serta mandi di laut yang berada tidak jauh dari objek ini. Para mengunjung yang datang biasanya datang membawa makanan kecil seperti kacang, ubi-ubian dll untuk diberikan kepada monyet yang ada.

4. Taman Nostalgia

Taman Nostalgia merupakan salah satuh destinasi wisata buatan yang beralamat di Jalan Frans Seda, Klp. Lima, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur. Letaknya yang begitu strategis membuat tempat ini menjdi tempat favorit bagi masyarakat kota Kupang, karena di tempat ini dilengkapi fasilitas seperti lapangan bola Basket, area Jogging, warung makan, toilet umum, tempat duduk, dan juga permainan anak.

Di Taman Nostalgia juga sering sekali diadakan even-even sehingga membuat Taman Nostalgia ini ramai dikunjungi.

5. Flobamora Mall

Kalau anda berkunjung ke Kota Kupang, belum lengkap sebelum mampir ke Flobamora Mall, yang terletak di pusat Kota. Mudah dijangkau dengan kendaraan umum atau kendaraan pribadi. Tanyakan pada semua orang di Kupang, maka pasti akan bisa menunjukkan di mana letak Flobamora Mall.

Nama yang lebih dikenal mungkin Ramayana, karena area terbesar adalah Ramayana Mall, sedangkan di sekelilingnya ada ruko, pusat jajanan, permainan, dan fasilitas lainnya. Flobamora Mall merupakan family mall yang berkonsep untuk menyediakan seluruh kebutuhan keluarga dalam satu tempat.

Selain sebagai tempat berbelanja, mall ini juga menyedakan Wahana permainan bagi anak-anak, food court yang menyajikan berbagai macam makanan. Pada tahun 2011 juga telah dioperasikan sebuah Water Boom yang terletak di dalam kompleks mall, sehingga makin menambah banyak pilihan wisata bagi pengunjungnya.

Nama Flobamora merupakan singkatan dari Flores Sumba Timor dan Alor. Tenant utama mall ini adalah Ramayana Department Store, yang buka sejak Oktober 2003. Mal ini berlokasi di kawasan belakang Kantor Gubernur lama NTT.



Sebenarnya masih banyak tempat menarik untuk dikunjungi di Kupang, Nusa Tenggara Timur. Mulai dari yang bertema Wisata Alam, Budaya, Sejarah, Kampung Tradisional, dll.
Agar tidak penasaran, silahkan buka selengkapnya di link gambar berikut:

Sumber artikel dan foto:
Official East Nusa Tenggara Tourism and Travel Information

Points of Interest Kupang