FLS2N 2018 SMP - Desain Poster | fls2n.com

FLS2N 2018 SMP - Desain Poster

FLS2N Poster

Panduan FLS2N 2018 SMP

Lomba Desain Poster


Latar Belakang

Di tengah derasnya arus informasi dan globalisasi, yang kini telah mengikis rasa cinta tanah air dan bangsa serta berkurangnya hingga hilangnya semangat nasionalisme, khususnya di kalangan anak muda. Hal ini menjadi perhatian besar bagi kita semua agar generasi muda Indonesia tidak melupakan terhadap tradisi kebudayaan di zaman modern yang serba instan ini. Agar kondisi ini tidak terjadi, maka diperlukan sebuah stimulus baru dalam membangkitkan semangat nasionalisme anak bangsa melalui pendekatan media visual, berupa karya cipta seni yang terwujud dalam bentuk desain poster yang bertema keanekaragaman budaya Nusantara dalam wadah Bhineka Tunggal Ika.

Mengusung kebhinekaan yang dibingkai dalam tradisi di era digital, maka pada lomba karya seni bidang desain poster dihadirkan, sebagai bentuk kepedulian agar tidak luntur terhadap jiwa-jiwa nasionalisme di kalangan generasi muda. Melalui karya cipta seni dalam bentuk lomba desain poster, diharapkan mampu menyuarakan dan mengobarkan semangat nasionalisme melalui pesan-pesan yang terkandung dalam karyanya.

Dalam perkembangan teknologi komputerisasi mempengaruhi proses pengerjaannya lebih mudah dan cepat, dan hasil desain poster lebih menarik dan bervariatif. Maka dari itu pada FLS2N 2018 dalam tangkai lomba desain poster menggunakan media komputer. Diharapkan para pendidik dapat mensosialisasikan, membimbing, mengarahkan siswa agar mengenal software Adobe Photoshop minimal CS7, Adobe Illustrator minimal CC 2017, dan CorelDraw minimal 17 untuk mempermudah dan mempercepat proses desain.

Tujuan Lomba Desain Poster

Umum :
  1. Menumbuhkan rasa nasionalisme, rasa cinta tanah air terhadap Bangsa dan Negara Indonesia melalui aspek ragam budaya Nusantara.
  2. Membendung arus budaya Barat ke budaya Nusantara melalui kreativitas berkarya desain.
  3. Mengajak masyarakat umum terutama siswa untuk lebih mengenal dan mencintai identitas atau jati diri bangsanya.

Khusus :
  1. Membangun kesadaran pada siswa dan target sasaran melalui lomba desain poster agar lebih mengenal dan peduli terhadap keragaman budaya Nusantara.
  2. Membina dan meningkatkan kreativitas siswa melalui aktivitas berkarya yang disampaikan secara visual dan verbal yang orisinal, artistik dan komunikatif.
  3. Meningkatkan kepekaan siswa dalam menuangkan gagasan kreatif melalui desain poster yang berwawasan nilai-nilai kebhinekaan.
  4. Meningkatkan kemampuan dan mempersiapkan ketrampilan siswa memasuki ranah praktis industri kreatif bidang desain grafis dan desain komunikasi visual sejak dini.

Tema Desain Poster


“Kebhinekaan Nusantara dalam Era Digital”

Catatan: Alternatif tema dan Sub Tema
1. Alternatif Tema
  1. Kebhinekaan dalam Era Digital
  2. Membingkai wajah keBhinekaan Nusantara dalam Era Digital
  3. Membingkai kebhinekaan dalam budaya Nusantara di Era Digital
2. Sub Tema
Sub tema dapat mengembangkan dari salah satu alternatif tema tersebut di atas berdasarkan “tematik” tertetu, seperti budaya daerah dimana tempat lomba FLS2N diselenggarakan. Agar peserta lomba memahami budaya setempat, maka diperlukan survey bersama ke tempat tertentu.

Materi Lomba

Materi lomba poster adalah keanekaragaman budaya Nusantara yang dikemas dalam media komputer. Materi dapat dilakukan melalui pelestarian, penggalian, pengembangan terhadap potensi budaya, wisata, ragam hias dan sebagainya.

Persyaratan Peserta

  1. Peserta adalah siswa SMP kelas VII dan VIII dibuktikan melalui surat keterangan dari kepala sekolah asal dari peserta tersebut.
  2. Pernah juara atau pemenang pada tingkatan lomba sebelumnya (sudah lolos seleksi dan menjadi juara di tingkat sekolah, kabupaten/kota, atau provinsi).
  3. Menyerahkan hasil desain poster dari tingkatan lomba sebelumnya (tingkat sekolah, kabupaten/kota, atau provinsi).

Ketentuan Teknis Lomba

a. Persiapan Lomba
  1. Soal lomba (tematik kebhinekaan) akan disampaikan pada waktu lomba.
  2. Lomba dilaksanakan secara langsung di LAB Komputer tempat penyelenggara lomba.
  3. Setiap peserta mendapat fasilitas 1 (satu) komputer lengkap dengan perangkat lunak yang didalamnya terdapat software Adobe Photoshop minimal Cs7, Adobe Illustrator CC 2017, dan CorelDraw minimal 17 serta alat scanner.
  4. Alat dan perlengkapan (HVS, pinsil 2B, alat scanner, computer) dipersiapkan panitia, di luar itu segala sesuatunya sebagai pendukung dalam mendesain poster harap dipersiapkan peserta lomba.
b. Proses Lomba
  1. Waktu lomba yang disediakan 300 menit (5 jam)
  2. Poster didesain melalui teknik kombinasi manual dan komputer (sketsa ide 40%, olah digital 30%, finishing digital 30%), dengan tahapan sebagai berikut : a) Poster dibuat dengan sketsa manual, gambar, foto, montase material menggunakan pinsil 2B, bulpoin, spidol, pastel, dan alat/ bahan lain yang dapat olah digital yang disiapkan pada saat pelaksanaan lomba; b) Hasil sketsa dipindai dengan menggunakan scanner (disediakan dan didampingi oleh panitia) dengan format JPEG, resolusi 300dpi; c) Medium di scan di atas kertas HVS berukuran A4 (21 cm x 29,7 cm); d) Hasil scan-an diolah (rekayasa) melalui teknologi komputer melalui program Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, dan atau CorelDraw.
  3. Posisi desain format kertas vertikal (portrait).
c. Penyerahan Karya
  1. Hasil akhir desain poster dicetak pada kertas berukuran A2 (59,4 cm x 84 cm) dengan format JPEG, resolusi minimal 300 dpi (Full Color) (dicetak oleh panitia).
  2. Peserta menuliskan gagasan konseptual dari desain poster yang dibuat dalam 1 paragraf singkat.
  3. File hasil karya cipta desain poster disimpan di Documents (atau folder menyesuaikan) dengan nama file: NamaPeserta_NomorPeserta_JudulKarya DesainPoster.JPEG/JPG.
d. Pameran Karya
  1. Terkait pameran karya, panitia lomba akan membantu mencetak karya desain poster sesuai ukuran.
  2. Tempat dan waktu pameran akan ditentukan panitia.
  3. Alat dan kesiapan pameran akan dipersiapkan panitia.
  4. Pengaturan dan penataan karya desain poster hasil lomba dilakukan oleh panitia.

Kriteria Penilaian

Kriteria penilaian terdiri atas 4 (empat) unsur yaitu ide, desain, estetik, dan pesan, dengan rincian prosentase sebagai berikut.

Kriteria Penilaian Desain Poster
No.
Jenis Penilaian
Bobot
Uraian
1.
Estetik
20%
Kesatuan
Harmoni
Emphasis
2.
Ide
40%
Originalitas Ide
Kreativitas
Gagasan Konseptual
Novelty/ Kebaruan
Eksplorasi Konten
3.
Desain
20%
Logo (komunikator)
Tipografi
Ilustrasi
Komposisi
Gaya
4.
Dampak
20%
Daya Pikat
Keterbacaan
Komunikasi

Catatan:
Sebelum penilaian akhir, terdapat sesi presentasi karya oleh peserta untuk menyampaikan argumentasi pada sesi tanya–jawab.

Penentuan Juara

Penentuan juara lomba desain poster ditentukan pada akumulasi jumlah nilai yang diperoleh pada setiap aspek penilaian yang menghasilkan 6 besar untuk menjadi juara I, juara II, dan juara III, serta juara harapan I, juara harapan II, dan juara harapan III.

Kriteria Juri

  1. Dewan juri ditunjuk dan ditetapkan oleh pejabat yang berwenang.
  2. Dewan juri berjumlah tiga orang, berasal dari unsur profesional, akademisi atau praktisi.
  3. Memiliki kompetensi di bidang desain poster.
  4. Profesional yang bersifat objektif, jujur dan adil.
  5. Memiliki pengalaman menjadi juri desain grafis, desain komunikasi visual dan desain poster tingkat Regional/Nasional.

Hasil Lomba

  1. Desain Poster hasil karya pemenang lomba dipublikasikan secara online, dalam situs resmi FSL2N, sebagai sarana pembelajaran dan tolak ukur capaian setiap gelaran kegiatan lomba setiap tahunnya. Dokumen tersebut selambat-lambatnya akan dipublikasikan secara online 2 minggu setelah pengumuman hasil lomba.
  2. Desain Poster lomba yang terseleksi dan hasil karya pemenang lomba akan dibukukan dalam format cetak katalog. Dimana hasilnya akan didistribusikan kepada seluruh tempat peserta lomba dan instansi terkait, sebagai bahan evaluasi, guna persiapan materi lomba pada gelaran kegiatan tahun berikutnya. Dokumen tersebut selambat-lambatnya akan didistribusikan dalam bentuk buku 3 bulan setelah pengumuman hasil lomba.

Pelatihan

Untuk menunjang dan meningkatkan kualitas materi lomba, terutama terkait dengan persiapan peserta sebelum lomba akan dikirimkan video tutorial dari pihak penyelenggara yang terdiri dari:

Video Tutorial 1: Tips Penggalian Ide & Penyusunan Gagasan Konseptual Desain Poster.
Video Tutorial 2: Tips Eksplorasi Kreatif & Referensi Visual Desain Poster Inspiratif.
Video Tutorial 3: Tips Eksekusi Desain Poster Kandidat Juara.


Terima kasih dan semoga sukses.

Sumber : 
Petunjuk Pelaksanaan FLS2N Tahun 2018 SMP

FLS2N 2018 SMP - Desain Poster