Pedoman FLS2N 2018 SMK | fls2n.com

Pedoman FLS2N 2018 SMK

Pedoman FLS2N 2018 SMK
Pedoman FLS2N 2018 SMK
Juknis, Juklak, Pedoman FLS2N

Panduan FLS2N SMK 2018


Yang ditunggu-tunggu akhirnya datang juga. Pedoman FLS2N tahun 2018 untuk jenjang SMK telah resmi dipublikasikan beberapa saat yang lalu tepatnya sejak tanggal 12 Maret 2018.

Pedoman ini disusun untuk memberikan informasi pelaksanaan kegiatan penyelenggaraan FLS2N jenjang SMK Tahun 2018 sekaligus sebagai acuan bagi seluruh pihak yang akan berperan dalam penyelenggaraan FLS2N jenjang SMK ini. Apabila dikemudian hari terdapat perubahan maka akan dilakukan perbaikan sebagaimana mestinya.

Bidang Lomba FLS2N SMK tahun 2018


Adapun bidang seni yang dilombakan dan difestivalkan adalah sebagai berikut:
A. MENYANYI SOLO
B. SOLO GITAR KLASIK
C. TARI TRADISIONAL
D. TEATER
E. FILM PENDEK
F. MUSIK TRADISI DAERAH

Penyelenggaraan pendidikan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) diharapkan dapat menyiapkan lulusan menjadi tenaga kerja yang berkualitas, produktif dan mampu menjawab tantangan dunia kerja yang penuh persaingan. Dengan mengimplementasikan Penguatan Pendidikan Karakter, SMK dapat menyiapkan lulusan yang mempunyai kompetensi kebekerjaan tinggi, karena mereka mempunyai hard skills maupun soft skills.

Pendidikan karakter menjadi suatu keharusan, karena pendidikan tidak hanya menjadikan peserta didik menjadi cerdas dan terampil namun juga mempunyai budi pekerti dan sopan santun, sehingga keberadaannya sebagai anggota masyarakat menjadi bermakna baik bagi dirinya maupun masyarakat pada umumnya. Penguasaan kompetensi di bidang seni juga bisa menjadi bekal dalam bidang jasa yang produktif dan bernilai ekonomi. Latihan dan oleh seni dapat menumbuhkan kreativitas dan ekspresi yang kuat bagi peserta didik. Dengan olah seni kehalusan rasa dan harmonisasi antara wacana dan fakta diasah menjadi suatu kreativitas yang memperkuat kecakapan peserta didik dalam kepekaan, kepedulian dan toleransi.

Sebagai upaya memberikan ruang bagi unjuk bakat, minat, kreativitas, serta inovasi, maka Direktorat Pembinaan SMK, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Aceh, penggiat seni dan budaya, serta praktisi maupun professional di bidang seni, serta kalangan masyarakat profesi, menyelenggarakan Festival dan Lomba Seni Siswa SMK Tingkat Nasional (FLS2N) Jenjang SMK Tahun 2018. Gelaran ini, dilaksanakan tanpa mendikotomikan SMK bidang Keahlian Seni dan Non Seni, sehingga membuka kesempatan yang luas kepada peserta didik SMK untuk berpartisipasi. Namun demikian, karena keterbatasan anggaran penyelenggaraan FLS2N jenjang SMK tahun 2018 dibatasi untuk Bidang Lomba Menyanyi Solo, Solo Gitar Klasik, Tari Tradisional, Teater, Film Pendek dan Musik Tradisi Daerah.

Dengan terselenggaranya FLS2N, diharapkan akan memberi kesempatan kepada para peserta didik untuk mengembangkan karakter dan prestasi seni melalui kreasi seni, melalui kompetisi yang menjunjung tinggi kejujuran.

Waktu dan Tempat Pelaksanaan


Festival dan Lomba Seni Siswa SMK Tingkat Nasional (FLS2N) Jenjang SMK Tahun 2018 akan dilaksanakan pada tanggal 26 Agustus s.d. 1 September 2018 bertempat di Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh, dengan rincian sebagai berikut:
  1. Tanggal 26 Agustus 2018, Kedatangan dan Registrasi ulang Peserta
  2. Tanggal 27 Agustus 2018
    - Pembukaan bersama lingkup Ditjen Dikdasmen (Jenjang SMA dan Jenjang SMK)
    - Technical meeting (pukul 14.00 WIB s.d. selesai)
    - Coaching Clinic/ Workshop penguatan pemahaman seni dan teknis per Bidang lomba (lanjutan Technical meeting)
  3. Tanggal 28 s.d. 30 Agustus 2018 Pelaksanaan Lomba/Festival
  4. Tanggal 30 Agustus 2018 Pelaksanaan Lomba/Festival dan Penutupan Internal Jenjang SMK oleh Direktorat PSMK
  5. Tanggal 31 Agustus 2018
    Wisata edukasi oleh Dinas Pendidikan Prov Aceh Penganugerahan dan Penutupan bersama lingkup Ditjen Dikdasmen (Jenjang SMA dan jenjang PSMK)
  6. Tanggal 1 September 2018, Pemulangan Peserta

Sumber : Pedoman FLS2N 2018 SMK

Pedoman FLS2N 2018 SMK