FLS2N 2018 SMK - Teater | fls2n.com

FLS2N 2018 SMK - Teater

FLS2N 2018 SMK
Pedoman FLS2N 2018 SMK - Teater
Cabang Lomba FLS2N tahun 2018 Jenjang SMK

Teater Bahasa Indonesia

Pentas teater yang dimaksud di sini adalah pementasan teater garapan atau kreasi baru (teater modern) dengan mengambil unsur-unsur atau pengembangan dari pertunjukan teater tradisional yang memainkan naskah cerita berbahasa Indonesia, baik yang ditulis sendiri maupun naskah karya orang lain. Sumber cerita mengambil dari cerita rakyat daerahnya masing-masing. Apabila demi pertimbangan estetika, pada saat pementasan dialog tokohnya harus menggunakan istilah bahasa daerah asal, maka di naskah harus dituliskan terjemahannya.

Ketentuan Karya
  1. Bentuk garapan :
    Teater garapan atau kreasi baru (teater modern) dengan mengambil unsur-unsur atau pengembangan dari pertunjukan teater tradisional yang memainkan naskah cerita berbahasa Indonesia, baik yang ditulis sendiri maupun naskah karya orang lain. Sumber cerita mengambil dari cerita rakyat daerahnya masing-masing. Apabila demi pertimbangan estetika, pada saat pementasan dialog tokohnya harus menggunakan istilah bahasa daerah asal, maka di naskah harus dituliskan terjemahannya.
  2. Mengumpulkan konsep garap yang berbentuk hard copy (4 eksemplar) dilengkapi dengan naskah, biodata dan pasfoto peserta dikumpulkan pada panitia penyelenggara saat Technical Meeting. Softcopy naskah dikirimkan ke alamat surat elektronik/ email panitia penyelenggara melalui alamat:
    http://psmk.kemdikbud.go.id/pendaftaran-lomba-fl s2n selambat-lambatnya tanggal 20 Agustus 2018.
  3. Naskah atau cerita lakon bebas dan tidak disediakan oleh panitia.
  4. Pertunjukan dilakukan secara langsung (live).
  5. Musik ilustrasi boleh langsung (live) atau boleh juga dengan music recording (dipersiapkan sendiri oleh peserta).
  6. Jumlah pemain (pemeran) minimal 2 maksimal 3 (bukan pemain tunggal / monolog). Apabila tokoh cerita di dalam naskah lakonnya lebih dari 3, maka pemainnya (pemerannya) boleh double casting.
  7. Durasi pertunjukan minimal 15 menit dan maksimal 20 menit. Apabila durasi pementasan melebihi waktu yang telah ditentukan akan dilakukan pengurangan nilai. Teknis pelaksanaannya akan diatur dan diinformasikan pada waktu Technical Meeting.
  8. Pementasan dilaksanakan sesuai dengan konsep garapan yang diserahkan kepada penanggung jawab festival.
  9. Konsep garap dipaparkan oleh penyaji atau perwakilan penyaji sebelum atau setelah pementasan (sesuai kesepakatan), secara langsung di hadapan tim Pengamat. Teknis pelaksanaannya akan diatur dan diinformasikan pada waktu Technical Meeting.
  10. Setelah melaksanakan pementasan, panggung harus dalam keadaan bersih.
  11. Karya yang ditampilkan adalah murni karya peserta yang mencakup semua komponen pementasan.
  12. Guru pembimbing tidak diperkenankan terlibat langsung dalam pementasan melainkan bertugas membimbing dan mengarahkan siswa dalam pelaksanaan festival. Apabila terlibat langsung maka pementasan akan didiskualifikasi.
  13. Penataan setting atau scenery dianjurkan menggunakan bahan-bahan yang ringan dan mudah untuk dibawa atau dipindahkan atau sistem bongkar pasang (knockdown).
  14. Pengenalan panggung bagi para peserta disesuaikan dengan situasi dan kondisi tempat pelaksanaan (keputusan pada waktu Technical Meeting).


Fasilitas yang disediakan Panitia


  • Panggung Prosenium
  • Sound system
  • Lampu pentas
  • Lampu tanda waktu
  • Level atau trap
  • Kain backdroup hitam
  • DVD Player

Peralatan yang harus dibawa Peserta

  • Alat dan bahan make-up untuk keperluan tata rias
  • Alat dan bahan kostum untuk keperluan tata busana
  • Alat musik atau musik recording untuk keperluan musik iringan
  • Alat dan bahan setting properti untuk keperluan tata pentas

Sumber : Pedoman FLS2N 2018 SMK

FLS2N 2018 SMK - Teater
  1. maaf min mau tanya, untuk sistem seleksinya bagaimana ? apakah melalui kota atau langsung ke provinsi atau bagaimana ? tks

    ReplyDelete
  2. Terima kasih sdr Abdul Wahab.
    Seleksi FLS2N mulai dari tingkat Kota/Kabupaten, Provinsi, Nasional.
    Seharusnya di setiap Kota/Kabupaten sudah ada informasi mengenai FLS2N melalui sekolah.
    Saran saya, silahkan hubungi Guru Seni Budaya, Wakasek Kesiswaan bidang Seni, Kepala Sekolah, atau MGMP dan Dinas Pendidikan di Kota sdr.

    ReplyDelete
  3. Untuk sertifikat peserta itu gimana yah? Saya belum mendapat serifikat resmi

    ReplyDelete